ANALISIS PENGARUH VARIABEL KONSENTRASI DEMULSIFIER PADA KANDUNGAN BS&W TERHADAP PROSES IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK CRUDE OIL

Authors

  • Fanisa Nur Jasiya Putri Teknik Produksi Minyak dan Gas, PEM Akamigas Cepu
  • Pradini Rahalintar Teknik Produksi Minyak dan Gas, PEM Akamigas Cepu
  • Gerry Sasanti Nirmala Teknik Produksi Minyak dan Gas, PEM Akamigas Cepu

Keywords:

crude oil, BS&W, ,demulsifier, centrifuge

Abstract

Produk minyak mentah yang mempunyai kualitas baik seharusnya tidak mengandung banyak zat pengotor seperti air dan sedimen. Hal ini menjadi perhatian beberapa sumur tradisional karena keterbatasan peralatan produksi yang digunakan lapangan tersebut, menjadikan proses pemisahan kurang maksimal. Upaya dalam menentukan kadar air dan sedimen dilakukan dengan metode centrifuge yang menerapkan konsep gravity settling serta digunakan demulsifier sebagai pemecah emulsi. Ke- berhasilan pemisahan fasa minyak, air, dan sedimen menjadi fokus penelitian ini agar dapat meng- identifikasi kualitas crude oil pada lapangan tersebut. Sampel crude oil yang digunakan berasal dari lapangan X di sumur X-109 dan X-234 serta lapangan Y di sumur Y-64 dan Y-65. Pada pengujian yang telah dilakukan, didapatkan kadar BS&W dalam keempat sampel crude oil, semakin tinggi pada setiap penambahan tetesan demulsifier. Hal ini membuktikan bahwa volume demulsifier mempunyai pengaruh terhadap tinggi rendahnya kadar BS&W. Kandungan air pada lapangan X lebih banyak dari lapangan Y sedangkan kandungan sedimen lapangan X lebih sedikit dari lapangan Y. Ini membuktikan bahwa minyak mentah lapangan X mengandung fraksi yang lebih ringan daripada lapangan Y yang mengandung banyak pengotor. Sampel minyak mentah baik lapangan X maupun Y memiliki kualitas yang cukup baik berdasarkan kadar BS&W yang dihasilkan karena tidak melebihi ambang batas yaitu 1%.

References

Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Analisis Industri Minyak dan Gas di Indonesia “Masukan bagi Pengelola BUMN”, Jakarta : Biro Reset LM FEUI, 2009.

Effendi, M. Irhas. et al., Optimalisasi Pengusahaan Sumur Minyak Tua Dalam Rangka Peningkatan Produksi Minyak Nasional Dan Kesejahteraan Masyarakat, Yogyakarta : Jurnal Mineral, Energi, dan Lingkungan, 2017.

Setiawan, Tomi Uki et al., PemberdayaanMasyarakat Berbasis Koperasi Pada Tambang Minyak Tradisional Desa Bangoan Kecamatan Jiken Kabupaten Blora, Edisi 6 Nomor 4 : Journal of Politic and Government Studies, 2017.

Kristanto, Dr. Ir. Dedy et al., Buku Panduan Analisa Fluida Reservoir Di Laboratorium, Yogyakarta : Teknik Perminyakan Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran”, 2020.

Susanti, Nuki Lindya dan Rahardian, Yusrina Arin., Studi Karakteristik dan Kestabilan Emulsi Minyak Mentah Indonesia. Semarang : Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, 2011.

Pawlik, Aleksandra K. and Norton, Ian T., 2013, Bridging Benchtop Research and Industrial Processed Foods: Structuring of Model Food Emulsion, Journal of Food Structure, 2013.

Speight, James G., Handbook of Hydraulic Fracturing. New Jersey : John Wiley & Sons Inc, 2016

Hutapea, Michael Raymond., Pemakaian Demulsifier Untuk Pemisahan Emulsi Minyak dan Air di Oil Field Minas PT. Chevron Pacific Indonesia : Ros, Process & Treatment Team’s Documment, 2009

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Jasiya Putri, F. N., Rahalintar, P., & Nirmala, G. S. (2023). ANALISIS PENGARUH VARIABEL KONSENTRASI DEMULSIFIER PADA KANDUNGAN BS&W TERHADAP PROSES IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK CRUDE OIL. Jurnal Eksplorasi Dan Produksi Migas, 1(1), 11–16. Retrieved from https://jepm.akamigas.ac.id/index.php/jepmig/article/view/3

Issue

Section

Articles