EVALUASI KINERJA MUD PUMP PT. BOHAI DRILLING SERVICE INDONESIA PADA SUMUR KTM LAPANGAN BLOK ROKAN

Authors

  • Zulkarnain Katmas Politenik Energi dan Mineral Akamigas
  • Purnomosidi Politenik Energi dan Mineral Akamigas

DOI:

https://doi.org/10.53026/jepm.v2i2.17

Keywords:

Drilling, Efisiensi Pump, Kinerja Operasional, Mud pump, Pemantauan Real-Time

Abstract

Mud pump memiliki peranan penting dalam industri minyak dan gas, serta pengeboran sumur minyak. Mud pump merupakan perangkat kritis yang digunakan untuk mengalirkan lumpur pengeboran ke sumur minyak guna menjaga stabilitas formasi dan mendinginkan bit pengeboran. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan suatu kerangka evaluasi kinerja mud pump yang komprehensif dan efektif. Metode kinerja yang diusulkan mencakup pemantauan parameter utama seperti tekanan, laju aliran, dan efisiensi pompa. Pengumpulan data dilakukan secara real-time selama operasi lapangan menggunakan sensor dan perangkat pemantauan terkini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode evaluasi kinerja ini dapat meningkatkan efisiensi operasional mud pump, mengurangi downtime, dan meningkatkan umur pakai peralatan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan metode evaluasi kinerja mud pump yang dapat diadopsi oleh industri minyak dan gas. Keberhasilan implementasi metode ini di lapangan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi dampak lingkungan, dan mendukung keberlanjutan industri minyak dan gas.

References

H. Kverneland, "Operational Experience with Use of a Hex Pump on a Land Rig," 2005.

Sari, Indah Nilam. "EVALUASI MESIN PENGGERAK ELECTRIC MOTORS PADA MUD PUMP STROKE UNTUK POMPA TRIPLEX SINGLE ACTING SAAT PROSES PEMBORAN PADA LAPANGAN Y, UNIVERSITAS ISLAM RIAU.," 2020.

Sofyan, H., Dian, R., & Sari, N. "Well Kick," 2013.

H. Kverneland, "Implementing New Technology for Improved Mud Performance," 2005.

Florence F., Iversen F., "Realtime Models for Drilling Process Automation: Equations and Applications," 2010.

Ekwere J.P., Chenevert M., Chunhai Zhang, "A Model for Predicting the Density of Oil-Based Muds at High Pressures and Temperatures," 1990.

Cayeux, E. and Daireaux, B. "Early Detection of Drilling Conditions Deterioration Using Real-Time Calibration of Computer Models," 2009.

API RP 13D. "Rheology and Hydraulics of Oil-Well Drilling Fluids, fifth edition," 2006.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Katmas, Z., & Purnomosidi, P. (2024). EVALUASI KINERJA MUD PUMP PT. BOHAI DRILLING SERVICE INDONESIA PADA SUMUR KTM LAPANGAN BLOK ROKAN. Jurnal Eksplorasi Dan Produksi Migas, 2(2), 51–57. https://doi.org/10.53026/jepm.v2i2.17

Most read articles by the same author(s)