ANALISA WORK OVER (KUPL) SUMUR X LAPANGAN Y PT PERTAMINA HULU ROKAN

Authors

  • Irfan Rasyid Teknik Produksi Migas, Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Cepu
  • Bambang Yudho Suranta Teknik Produksi Migas, Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Cepu
  • Arif Rahutama Teknik Produksi Migas, Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Cepu
  • Purnomosidi Purnomosidi Teknik Produksi Migas, Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, Cepu

Keywords:

KUPL, work over, squeeze cementing, perforation, swab job

Abstract

Salah satu kegiatan krusial dalam perbaikan sumur adalah Kerja Ulang Pindah Lapisan (KUPL), yang dapat digolongkan kedalam workover. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki, memperta- hankan, atau menambah produksi dengan metode mengganti zona produksi dari yang kurang produktif, contohnya utnutk sumur dengan water cut 100%, ke zona yang lebih profitable. Pada sumur X lapangan Y PT. Pertamina Hulu Rokan yang selesai dibor pada Mei 2014, terdapat lapisan Telisa Lower pada Formasi Telisa yang berada pada interval 1162 – 1164 meter dengan water cut 100%. Oleh karena itu, KUPL harus dilakukan untuk mencari fluida minyak pada lapisan lainnya, yang setelah dilakukan survey dan interpretasi data logging yaitu pada Lapisan GUF pada Formasi Gumai, dan Lapisan Q1 pada Formasi Air Benakat. Secara garis besar tahapan KUPL yang dilakukan adalah menutup lapisan Telisa Lower dengan squeeze cementing, memperbaiki cement bonding dengan squeeze cementing, perforasi lapisan GUF, swab job lapisan GUF, menutup lapisan GUF dengan squeeze cementing, perforasi lapisan Q1 dan swab job lapisan Q1, stimulasi lapisan Q1 dengan hydraulic fracturing. Setelah semua tahapan selesai dan maka sumur akan dipasangkan artificial lift yang berupa hydraulic pumping unit (HPU). Setelah dilakukan workover, didapatkan hasil bahwa terdapat indikasi adanya hidrokarbon pada Lapisan Q1.

 

 

References

IEA, “World Energy Outlook 2021 : Part of the World Energy Outlook,” Int. Energy Agency, p. 386, 2021, [Online]. Available: https://www.iea.org/reports/world-energy- outlook-2021

PT. Pertamina Hulu Rokan, “Program Workover.” PT. Pertamina Hulu Rokan, Prabumulih, 2021.

D. Ginger and K. Fielding, “© IPA, 2011 - 30th Annual Convention Proceedings (Volume 1), 2005,” vol. 1, no. August 2005, p. 2011, 2011.

M. G. Bishop, “South Sumatra Basin Province, Indonesia: The Lahat/Talang Akar- Cenozoic Total Petroleum System,” USGS Open File Rep., no. 99-50-S, p. 22, 2001.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Rasyid, I., Suranta, B. Y., Rahutama, A., & Purnomosidi, P. (2023). ANALISA WORK OVER (KUPL) SUMUR X LAPANGAN Y PT PERTAMINA HULU ROKAN. Jurnal Eksplorasi Dan Produksi Migas, 1(1), 35–44. Retrieved from https://jepm.akamigas.ac.id/index.php/jepmig/article/view/7

Issue

Section

Articles